Monday, April 11, 2011

Nature dan Nurture, Mana yang Lebih Berpengaruh?

Kali ini kami akan membahas mengenai perdebatan tentang nature (bawaan sejak lahir) dan nurture (pengaruh lingkungan) terhadap perkembangan anak. Disini, kami mengambil contoh perkembangan kecerdasan anak walaupun dalam kenyataannya, kedua faktor itu mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan seorang manusia.


Sejak lama para ilmuwan telah berdebat mengenai pengaruh nature dan nurture dalam perkembangan anak. Perdebatan ini telah berlangsung selama berabad-abad. Para ilmuwan berdebat mana yang lebih dominan dan lebih punya andil dalam perkembangan anak.
Nature atau alam dapat dikaitkan dengan gen dan hereditas. Mulai dari warna rambut, kulit, dan mata hingga tingkat kecerdasan seorang anak. Banyak peneliti yang percaya bahwa tingkat kecerdasan seorang anak sangat dipengaruhi kecerdasan orangtuanya. Bila kedua orangtuanya memiliki kecerdasan diatas rata-rata maka seorang anak bisa dipastikan memiliki kecerdasan yang tinggi juga.
Hanya saja, mereka mengalami kesulitan kala menemui seorang anak yang berasal dari orangtua yang memiliki kecerdasan rata-rata tapi melahirkan anak dengan kemampuan yang brilian. Begitu juga sebaliknya, ada orangtua yang memiliki kecerdasan tinggi tapi anaknya tidak memiliki kecerdasan yang sebanding.
Beberapa peneliti yang tidak puas hanya dengan jawaban herediter atau bawaan memutuskan untuk meneliti bagaimana pengaruh lingkungan terhadap perkembangan seorang anak.
Nurture atau buatan, merupakan faktor-faktor dari lingkungan sekitar anak yang memiliki pengaruh terhadap perkembangannya. Faktor ini bisa berupa lingkungan, keluarga, teman-teman, sekolah dan apa pun yang ada dilingkungan si anak. Para peneliti berasumsi faktor belajar lah yang mempengaruhi bagaimana tingkat kecerdasan seorang anak.
Sering kita melihat, bagaimana orangtua memberikan les tambahan kepada anak agar si anak lebih mampu untuk menangkap pelajaran yang diberikan di sekolah atau lebih siap saat menghadapi ujian akhir. Pemberian perilaku tersebut merupakan suatu cara dengan memanipulasi lingkungan dengan harapan ada peningkatan kecerdasan anak.
Hanya saja, kami berpendapat kedua faktor, baik nature atau pun nurture memiliki pengaruhnya sendiri dalam perkembangan seorang anak. Kami memandang, segala yang berkaitan dengan nature adalah modal dapat dikembangkan dengan berbagai perlakuan yang akan diberikan oleh orangtua dan lingkungan sekitar anak. Bukankah dua lebih baik daripada satu? =)

Sumber Bacaan :

Life-Span Development. John W. Santrock.

No comments:

Post a Comment